Rumus EPS dan Penerapannya

MENGHITUNG EARNING PER SHARE 

Rumus EPS (Earning Per Share) dapat memberi informasi tentang penghasilan yang dihasilkan per lembar saham. Perusahaan perlu melaporkan nilai keuangannya, dan dapat diketahui berapa earning per share. Caranya dengan membagi earning dengan jumlah lembar saham beredar (lihat gambar 1).

rumus eps, eps formula
Gambar 1 : Rumus EPS (Earning per Share)


Pada laporan laba rugi perusahaan, terdapat banyak biaya operasional perusahaan. Perusahaan wajib lapor semua nilainya dari operasi yang berlanjut dan laba bersih pada laporan laba rugi yang dilaporkan.

Pendekatan rumus EPS ini dapat membuat siapa saja yang menggunakan laporan keuangan tersebut untuk membandingkan kinerja perusahaan dengan periode sebelumnya, perkiraan masa depan, maupun membandingkan dengan perusahaan lain yang sektornya sejenis.

Pelaporan keuangan ini tentu nilainya sangat mungkin berbeda dengan periode pelaporan yang sama sebelumnya. Jika nilainya semakin besar, maka perusahaan dianggap baik. Jika terlalu kecil maka perusahaan dianggap tidak begitu baik.

Earning Per Share dan Struktur Modal yang Dirancang Sederhana

Perusahaan yang punya struktur modal yang dianggap sederhana adalah bila struktur modal dari perusahaan tersebut hanya punya saham biasa. Atau pun bisa juga punya saham biasa, tetapi tidak punya potensi untuk dikonversi atau penggunaan yang dapat mencairkan sebagai earning per saham biasa.

Pembagian Dividen pada Saham Preferen


Seperti yang telah dibahas di banyak artikel maupun makalah ilmiah lain, EPS atau earning per share memiliki keterkaitan yang erat dengan earning per share ordinary. Ketika ada sebuah perusahaan yang memiliki saham biasa dan juga saham preferen yang beredar di pasar saham, kondisi ini dapat mengurangi dividen preferen tahun berjalan dari laba bersih.

Tentu saja ini juga wajib disampaikan pada laporan penghasilan yang disajikan untuk pemegang saham biasa.

Rumus EPS dihitung dengan formula berikut:

EPS = (Laba bersih - dividen preferen) / rata-rata jumlah saham tertimbang yang beredar
Sebuah perusahaan yang telah menyatakan dividen pada saham preferen dan kerugian bersih, maka perusahaan ini dianggap telah menambah dividen preferen kepada beban kerugian untuk tujuan menghitung loss per share.

Tetapi bila saham preferen kumulatif dan perusahaan menyatakan tidak ada dividen pada perhitungan tahun berjalan saat laporan dibuat, maka hal tersebut justru mengurangi (atau bisa juga malah menambah) jumlah yang sama dengan dividen yang seharusnya diakui hanya pada tahun berjalan dari laba bersih (atau kerugian bersih).

Mengetahui rata-rata jumlah saham tertimbang yang beredar

Baik Shareholder, Perusahaan, maupun pihak yang perlu mengetahui saham tertimbang dapat menimbang saham tersebut dengan cara membagi periode tertentu atas saham yang beredar.

Saat ada pembagian dividen saham atau saham terjadi divestasi, perusahaan akan menyatakan kembali jumlah saham beredar, baik sebelum dividen saham atau pemisahan dan juga setelahnya.

Demikian sedikit informasi penting dan sangat berharga tentang rumus eps dan penerapannya. Silakan share, free!

Komentar

  1. Penjelasan yang sangat mudah untuk saya pahami dan saya telaah. Penerapan rumus EPS dalam penggunaan Hr system

    BalasHapus

Posting Komentar